Proses Perceraianku.

Halo. 

Ini aku bakal menulis menurut pengalamanku aja ya. Semoga gak terlalu menguras emosi. Hihi. 

Okeh, lets start, jadi ketika aku menjalani perceraian, aku sempat menjadi tergugat dan penggugat.
Jadi dulu tuh gue lagi mau cari Surat Nikah di rumah bersama kami di Jatibening, untuk bikin Akte Lahir anak kami yang ke dua. Tapi apa yang kudapat, Surat Nikah kucari2 sudah gak ada di tempat dokumen biasanya. Langsung aku telpon mantan suamiku. Dia bilang, surat nikah dia bawa untuk ngurus cerai ke pengadilan. 

Shock? iya banget. Kalo dipikir2 jahat banget emang mantan suami gue tuh. Gue lagi nyusuin anak kami yg baru lahir prematur di bulan Agustus, bulan September gue mengetahui hal ini, bahkan anak gue belom keluar dari NICU. kebangetan kan? buru2 amat mas ngurus cerai elah. kebelet dikawinin ye yg sono? Hahahahha 

Nah disitulah gue tau gue jadi tergugat. Apa yg gue lakukan saat itu. Ya NANGIS LAH. yakeles hormon gue abis lahiran aja udah bikin nangis terus, anak masih di NICU berjuang untuk hidup, lha ini tetiba digugat cerai. Okeh, gak tetiba, kami sudah pisah rumah dari Juni 2017. Dan memang rencana cerai setelah kelahiran anakku. Tapi ya masak ANAK PREMATUR 27-28 minggu dengan BB 935 gram, sejak lahir di NICU sampai dengan 88 hari kemudian, guenya lagi harus semangat dan harus happy perah ASI buat anak trus dia ngurus pada saat itu juga???!!!!! keterlaluan banget ga sih. ASI gue langsung mampet pet peeettttt... kasian anak gw cuma 2 bulan dapet asi. 

Eh udahlah, mau ngomongin yang lain. Okeh, jadi disinilah gue menjadi tergugat. Ini baru pertama kalinya kan gue ngadepin ginian. Hmm harus gimana yaa.. Akhirnya nyokap konsultasi sama temennya yg pengacara. Lantas dia menawarkan diri untuk menjadi pengacara gue. Murah. And so is the quality. I think. I mean, bisa gak sih dia komunikasi? aku bingung. 

Sidang. 
Karena mediasi yang gagal, kita lanjut ke persidangan. 
Gue gak hadir di setiap persidangan saat gue menjadi tergugat. Sidang pertama, bisa dibilang lancar. Sidang kedua dan ketiga, pengacara gue itu selalu datang awal dan pagi di setiap persidangan, lalu tanpa janjian dengan mantan suami gue, dia ambil nomor antrian. Saat kasusnya dipanggil ke ruang sidang, mantan gue belum datang, jadi sidang ditunda sampai dipanggil sidang berikutnya. Persidangan berikutnya juga sama begitu kejadiannya. Jadi oleh hakim permohonan mantan gue dibatalkan karena penggugat dianggap tidak serius. 

There you go, ilang dah tuh duit buat pengacara. Mana duit segitu2nya. Kenape sik sebelum ambil nomor antrian gak komunikasi dulu, atau sehari sebelumnya bisa kan janjian dulu dateng jam berapa. duit gue ilang dong cong. ya mungkin juga dia berniat ngebatalin perceraian ini karena kasian sm emak gue? atau ya mo ngambil duit aja gitu dengan dtg ke persidangan tanpa janjian. Gue bayar pengacara karena gue males ketemu mantan gue. SAKIT. HATI. Takut ngamuk di persidangan. Hehe. Oh yes i went to a psychiatrist becos of this. totally gone insane. hehe. wajar ya ga sih. 

Kemudian gue harus menentukan langkah selanjutnya. 

Gue komunikasi lagi dengan mantan gue, saat itu dia lagi sibuk kerja diluar kota dan berjanji untuk mengurus segera. Padahal ya, gue ngomong ke dia, apa ini pertanda kite kaga boleh cere yak? Dia bergeming, tetap pada keputusannya. Baiklah, saya mah tidak memaksa, tp waktu itu mikir rujuk lagi untuk kebaikan anak2 (sepertinya). 

Bulan demi bulan, dia tidak kunjung ngurus juga. Ini dia sengaja apa pegimane sik? Karena dese tak kunjung jua mengurus perceraian, sementara eike sudah gerah digantung-gantung, maka saya putuskan untuk gantian menggugat dia. Yeee emang lo doang yg bisa.. wekekkek... 

Tentu tidak dengan pengacara sebelumnya. Kali ini gue ngontak temen gue yg pengacara. we actually acquintance, but eventually became friends. 

Dokumen yg diperlukan: 

1. Surat gugatan 
2. Surat Nikah 
3. Bayar administrasi kurleb 700rb (Seinget gue sih) 

Tapi trus semua diurusin sm pengacaraku. Mantan suami gue larang buat datang, biar cepet kelar gak menye2 lagi. Gue cuma dateng di sidang ketiga dan terakhir. Disitu gue udah persiapkan 2 saksi (nyokap dan adik gue), juga bukti2 (yang sangat menyakitkan, yang terpaksa gue korek2 lagi). 

Bu Hakim sempat nanya, "Bentar lagi lebaran loh, kamu gak mau lebaran sama suami?" Dengan sangat yakin saya bilang "Gak apa-apa Bu, sudah beberapa tahun belakangan saya sendirian pas lebaran". setelah gue bilang gitu dia tampak teryakinkan dan memberikan putusan bahwa kami sudah bercerai. 

Haha that's it. gak membantu ya? gpp, tapi at least bantu gue untuk mengeluarkan yg ada di dalam kepala dan sedikit yg ada di hati gue. 

Dadah.

Comments

Popular posts from this blog

btw,anyway,busway,waterway.

HELLO.